Dapatkan Keuntungan Halal

Sabtu, 25 Agustus 2012

Skripsiku Versi Indonesian


PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI
TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI IPA-3
SMA NEGERI 2 PALU









SKRIPSI







Diajukan kepada Universitas Tadulako untuk memenuhi
salah satu persyaratan dalam menyelesaikan
Program Sarjana Pendidikan Matematika







Oleh
TUMPUK WINANTI
Stb. A 231 08 052






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TADULAKO

JULI, 2012
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING

Judul
:
Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Turunan Fungsi Aljabar di Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 2 Palu
Penulis
:
Tumpuk Winanti
No. Stambuk
:
A 231 08 052

Telah diperiksa dan disetujui untuk diujikan

Palu,       Juli 2012
Menyetujui
Pembimbing I






Pathuddin, S.Pd, M.Si
NIP. 19690805 199403 1 006
            Pembimbing II






          Drs. Baharuddin Paloloang, M.Si
           NIP. 19601231 198803 1 008

Mengetahui
Ketua Jurusan Pendidikan MIPA
FKIP Universitas Tadulako





DR. H. Baharuddin Hamzah, S.Farm, M.S
NIP. 19650416 199103 1 002

HALAMAN PENGESAHAN
Panitia Ujian Skripsi Program Strata Satu (S1) Universitas Tadulako, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Matematika, setelah meneliti dan mengetahui cara pembuatan skripsi dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Turunan Fungsi Aljabar di Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 2 Palu”, yang telah dipertanggungjawabkan oleh mahasiswa atas nama: Tumpuk Winanti, Nomor Stambuk: A 231 08 052 pada hari Selasa, 24 Juli 2012, maka atas nama Panitia Ujian Skripsi Strata Satu (S1) menerima dan mengesahkan.
 Palu,   Juli 2012
PANITIA UJIAN
No.     Jabatan                            Nama/NIP                             Tanda Tangan

1.         Ketua                   Drs. M. Nur Yadil, M.Si                        1. ......................
NIP. 19540805 198503 1 003

2.       Sekretaris             Dr. Dasa Ismaimuza, M.Si                     2. ......................
NIP. 19650501 199603 1 001
Penguji Utama/
Pembahas
 
3.                                          Drs. Ibnu Hadjar, M.Si                          3. ......................
NIP. 19670301 199203 1 002
Penguji I/
Pembimbing I
 
4.                                          Pathuddin, S.Pd, M.Si                                       4. ......................
NIP. 19690805 199403 1 006
Penguji II /
Pembimbing II
 
5.                                          Drs. Baharuddin Paloloang, M.Si          5. ......................
NIP. 19620219 198701 1 001

Mengetahui
Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tadulako



Dr. H. Gazali Lembah, M.Pd
NIP. 19640901 199003 1 002
ABSTRAK

Tumpuk Winanti, 2012. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Turunan Fungsi Aljabar di Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Pathuddin, (II) Baharuddin Paloloang

Kata Kunci: Metode Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Turunan Fungsi Aljabar

Masalah utama pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 2 Palu pada materi turunan fungsi aljabar masih rendah. Ada beberapa hal yang menyebabkan permasalahan tersebut, diantaranya yaitu rendahnya pemahaman konseptual siswa mengenai turunan fungsi. Selain itu, siswa kurang terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga minat belajar siswa menjadi rendah dan materi yang telah mereka peroleh dengan cepat dapat dilupakan. Untuk meningkatan hasil belajar siswa pada materi Turunan Fungsi Aljabar, maka peneliti menerapkan pembelajaran yang menggunakan metode penemuan terbimbing.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI IPA-3 SMA Negeri 2 Palu.
Untuk  menjawab permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berupa data yang diperoleh dari wawancara, hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa pada siklus I dan siklus II, serta  hasil tes pada siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa: (1) Aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran pada materi Turunan Fungsi Aljabar di Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 2 Palu terlaksana dengan baik dengan tingkat keberhasilan sebesar 85,28% (siswa) dan 83,53% (guru), (2) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 54,17% dan persentase ketuntasan klasikal pada siklus 2 sebesar 95,83%, sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara klasikal sebesar 41,66%.







KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas segala nikmat dan karunia-Nya yang diberikan kepada kita sehingga skripsi ini dapat disusun dengan baik.
Skripsi ini disusun sebagai salah satu persyaratan untuk menyelesaikan program sarjana strata satu (S-1) Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (UNTAD).
Teristimewa, terima kasih yang tak terhingga peneliti ucapkan kepada kedua orang tuaku, Bapak Kismani dan Ibu Warsini, yang telah memberikan dukungan, doa, dan segala bantuan kepada peneliti sehingga pada kesempatan ini bisa menyelesaikan studi dan skripsi ini. Terima kasih juga kepada saudara-saudaraku di Buol yang telah senantiasa mengirimkan doa dan semangatnya kepada peneliti. Semoga segala apa yang diberikan menjadi amal ibadah di akhirat kelak. Kepada keponakanku yang lucu semoga kalian bisa menjadi yang lebih baik.
Terima kasih pula peneliti sampaikan kepada dosen pembimbing Bapak Pathuddin, S.Pd, M.Si (Pembimbing I) dan Bapak Drs. Baharuddin Paloloang, M.Si (Pembimbing II) atas segala bimbingan, motivasi dan bantuan yang diberikan kepada peneliti hingga penyusunan skripsi ini dapat peneliti selesaikan.




Tak lupa pula peneliti ucapkan terima kasih kepada :

1.        Prof. Dr. Ir. Muhammad Basir, SE.MS, Rektor Universitas Tadulako
2.        Dr. H. Gazali Lembah, M.Pd, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako
3.        Dr. Samsurizal M. Sulaiman, M.Si, Pembantu Dekan I FKIP Universitas Tadulako
4.        Nursehang Thamrin, S.Pd, M.Ed, Pembantu Dekan II Universitas Tadulako
5.        Drs. Jamaludin, M.Si, Pembantu Dekan III FKIP Universitas Tadulako
6.        DR. H. Baharuddin Hamzah, S.Farm, M.S dan DR. Sutji Rochaminah, M.Si, Ketua dan Sekretaris Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Tadulako
7.        Drs. M. Nur Yadil, M.Si dan Bakri Mallo, S.Pd, M.Si, Ketua dan Sekretaris Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako
8.        Drs. Ibnu Hadjar, M.Si selaku dosen pembahas yang telah memberikan masukan, kritik dan saran yang sangat membangun dan bermanfaat bagi peneliti
9.        Syarifudin, S.Pd, M.Pd, Kepala SMA Negeri 2 Palu yang telah memberikan kesempatan untuk melakukan penelitian di SMA Negeri 2 Palu
10.    Ibu Sitti Fatmawati, S.Pd dan Ibu Hardiana, S.Pd yang telah memberikan bimbingan, bantuan dan masukan-masukan yang sangat bermanfaat di tempat penelitian (SMA Negeri 2 Palu)
11.    Seluruh bapak dan ibu dosen Pendidikan Matematika yang telah memberikan bimbingan dan ilmu yang bermanfaat selama masa perkuliahan
12.    Teman-teman angkatan 2008 yang telah bersama-sama menempuh studi dan saling memberikan motivasi dan dukungan
13.    Saudariku fillah Haeria, S.Si yang telah memberikan segala bantuan, motivasi dan kebersamaan kepada peneliti selama masa kuliah hingga penyusunan skripsi ini, semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala membalas dengan yang lebih baik
14.    Dian Pratiwi, S.Pd yang telah memberikan motivasi dan pengalaman yang berharga
15.    Seluruh mahasiswa pendidikan matematika semoga yang belum selesai semoga bisa cepat selesai
16.    Saudara-saudariku di Taman Pengajian Darul Ulum FKIP UNTAD, Nurhidayah, Aisyah, Atun, Nurtini, Mawar, Mita dan semua pengurus semoga terus istiqomah dan semangat untuk mengajak kepada kebaikan
17.    Saudari-saudariku di Lembaga Dakwah Kampus FOSMA UNTAD yang telah memberikan motivasi dan dukungan kepada peneliti, semoga kalian tetap eksis dan terus berjuang
18.     Seluruh pihak yang telah memberikan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung meskipun namanya tidak tertulis dalam skripsi ini, namun jasa-jasa kalian tetap dikenang sepanjang masa

Peneliti menyadari dalam penyusunan skripsi ini tentunya masih banyak kekurangan dan kesalahan, olehnya kritik dan saran yang membangun sangat peneliti harapkan untuk perbaikan-perbaikan di masa yang akan datang. Peneliti berharap semoga skripsi ini dapat dimanfaatkan oleh semua pihak, baik mahasiswa UNTAD maupun masyarakat kota Palu. Sesungguhnya semua kebaikan, pertolongan dan bantuan yang diberikan kepada penulis akan mendapat balasan yang lebih baik dari Allah Subhahanu Wa Ta’ala.

                                                                                                Palu,  Juli 2012
  Penulis 


     Tumpuk Winanti



DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL    ...............................................................................
i
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING   ........................................
ii
HALAMAN PENGESAHAN   .................................................................
iii
ABSTRAK   ................................................................................................
iv
KATA PENGANTAR ................................................................................
v
DAFTAR ISI   ............................................................................................
viii
DAFTAR GAMBAR   ...............................................................................
x
DAFTAR TABEL   ....................................................................................
xi
DAFTAR LAMPIRAN   ............................................................................
xii
BAB I      PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang   ...................................................................
B.       Rumusan Masalah   ..............................................................
C.       Tujuan Penelitian   ...............................................................
D.       Manfaat Penelitian   .............................................................
E.        Batasan Istilah   ....................................................................

1
3
3
3
4
BAB II    KAJIAN PUSTAKA
A.    Metode Penemuan Terbimbing  ...........................................
B.     Hasil Belajar   .......................................................................
C.     Tinjauan Materi Turunan Fungsi Aljabar  ...........................

5
10
11
14
BAB III   METODE PENELITIAN
A.    Rancangan Penelitian    ........................................................
B.     Jenis Data dan Teknik Pengumpulan Data   ........................
C.     Teknik Analisis Data   ..........................................................
D.    Kriteria Keberhasilan Tindakan   .........................................
E.     Prosedur Penelitian   ............................................................

19
20
22
23
24
BAB IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian   ..................................................................
B.     Pembahasan   ........................................................................

27
41
BAB V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan   ........................................................................
B.     Saran  ...................................................................................

45
45
DAFTAR PUSTAKA   ..............................................................................
47
LAMPIRAN – LAMPIRAN  ....................................................................
49

























DAFTAR GAMBAR

Halaman
Gambar 1 Grafik Fungsi f(x)   …………………….....................................
15
Gambar 2 Diagram Alur Desain Penelitian Model Kemmis dan Mc    Taggart ........................................................................................

20
Gambar 3 Grafik Fungsi y = f(x)    ………………………………………..
31
























DAFTAR TABEL

Halaman
Tabel 4.1  Hasil Penilaian Lembar Observasi Aktivitas Siswa Siklus I  ….
35
Tabel 4.2  Hasil Penilaian Lembar Observasi Aktivitas Siswa Siklus II ....
40


























DAFTAR LAMPIRAN

Halaman
Lampiran 1.
Tes Awal   .............................................................................
50
Lampiran 2.
Hasil Tes Awal   …………………………………………...
51
Lampiran 3.
Pembagian Kelompok Belajar      ………….........................
52
Lampiran 4.
RPP Siklus I      ………….....................................................
53
Lampiran 5.
LKS Siklus I  ……................................................................
57
Lampiran 6.
Tes Akhir Siklus I  ................................................................
61
Lampiran 7.
Hasil Tes Akhir Siklus I   .....................................................
62
Lampiran 8.
Lembar Observasi Aktivitas Guru   ………...………….......
64
Lampiran 9.
Lembar Observasi Aktivitas Siswa Siklus I   …..……........
65
Lampiran 10.
Catatan Lapangan Siklus I  ...................................................
72
Lampiran 11.
RPP Siklus II   ......................................................................
73
Lampiran 12.
LKS Siklus II  .......................................................................
77
Lampiran 13.
Tes Akhir Siklus II  ..............................................................
80
Lampiran 14.
Hasil Tes Akhir Siklus II   ....................................................
81
Lampiran 15.
Lembar Observasi Aktivitas Siswa Siklus II  .......................
83
Lampiran 16.
Transkrip Wawancara Siklus I dan II  ..................................
89
Lampiran 17.
Catatan Lapangan Siklus II  .................................................
91
Lampiran 18.
Dokumentasi Proses Pelaksanaan Pembelajaran ..................
92
Lampiran 19.
SK Pembimbing  ...................................................................
94
Lampiran 20.
Izin Penelitian/Observasi   ....................................................
95
Lampiran 21.
Surat Keterangan telah Melakukan Penelitian   ...................
96
Lampiran 22.
Pernyataan Keaslian Tulisan  ...............................................
97
Lampiran 23.
Riwayat Hidup Penulis   .......................................................
98